Cara Keren SD Santa Maria Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Market Day

Para siswa nampak antusias menjual barang dagangannya

MIMIKA, BM

Ada pemandangan yang berbeda ketika pengambilan raport para siswa di Sekolah Santa Maria pada Sabtu (16/12/2023).

Nampak siswa-siswa kelas satu hingga tiga menjajakan makanan dan minuman mereka di depan kelas.

Sekolah Santa Maria khususnya jenjang Sekolah Dasar (SD) menggelar Market Day, dimana anak-anak sedari dini diajarkan untuk berwirausaha.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepada BeritaMimika Kepala Sekolah SD Santa Maria, Huberta Rumangun mengatakan kegiatan Market Day merupakan bagian dari kurikulum merdeka belajar.

“Kami belum sepenuhnya menggunakannya, masih 2013. Akan tetapi, kami sudah mengadopsinya di sekolah. Salah satunya adalah Market Day yang merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” katanya.

Lanjutnya, kurikulum ini sudah berjalan tiga tema yakni bangun jiwa dan raga, bhineka tunggal ika dan kewirausahaan.

“Disitulah kami padukan semua dalam proses, terakhir itu ada Market Day, jadi lebih mengarah kewirausahaan. Hal ini sekaligus membangun dalam diri anak-anak lebih jujur, mandiri dan bertanggungjawab. Jadi, dari proses jual beli bisa melatih mereka menghitung dan bersosialisasi dengan orang lain,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, orang tua turut dilibatkan mengingat para siswa kelas satu hingga tiga merupakan kelas kecil sehingga masih memerlukan bimbingan orang tua dalam proses pembuatan makanan dan minuman.

“Kami mau mereka buat dan menjual sendiri namun mengingat ini kelas kecil, kelas besar yang membeli. Pastinya, ada bantuan dari orang tua untuk pengolahan dan pengemasan, sebagai proses pembelajaran agar anak-anak dari rumah tahu proses pembuatan kuenya,” terangnya.

Kepsek Bertha menuturkan melalui program P5 dapat membangun inovasi untuk membuat apa saja baik makanan, minuman maupun kerajinan seperti anting, gelang atau tempat sampah dari tutup minuman botol bekas.

“Saya dan para guru berharap orang tua mendukung sehingga kita tetap continue  (berlanjut-red) melakukan kegiatan seperti ini. Saat ini kita masih bergerak di Market Day, mungkin kedepan bisa lebih besar dan bukan hanya di lingkungan sekolah tetapi bisa muncul diluar sana, sehingga anak-anak bisa lebih bersosialisasi dengan banyak orang,” tandasnya. (Elfrida Sijabat)

Top